Legoso.co

Beranda » News » Rusia Berlakukan UU Daftar Hitam Internet

Rusia Berlakukan UU Daftar Hitam Internet

Myspace Rainbow Text - http://www.myrainbowtext.com

Facebook Legosocom

Infosocmed.web.id – Untuk melindungi anak-anak dari konten internet berbahaya, Rusia mengeluarkan sebuah undang-undang  yang memungkinkan pemerintah untuk memblokir atau menjadikan offline situs-situs tertentu. Undang-undang tersebut juga membolehkan pihak berwenang untuk melakukan blacklist dan memaksa situs tertentu menjadi offline tanpa proses pengadilan.

Seperti dilansir BBC, situs-situs yang dianggap berbahaya oleh pihak berwenang Rusia adalah situs yang menampilkan kekerasan seksual terhadap anak, menawarkan rincian tentang bagaimana untuk melakukan bunuh diri, mendorong pengguna untuk memakai obat-obatan dan situs yang meminta anak-anak untuk melakukan tindakan pornografi. Presiden Vlademir Putin sendiri telah menyetujui peraturan baru tersebut dan menandatanganinya sejak Juli lalu.

Namun tindakan proteksi pemerintah Rusia tersebut mendapat kritikan dari kelompok pejuang hak asasi manusia. Ditakutkan undang-undang itu dapat meningkatkan sensor berlebihan dari negara. “Tentu saja ada situs yang tidak boleh diakses oleh anak-anak, tapi saya tidak berpikir sebatas itu. Ini akan menjadi [serangan terhadap] kebebasan berbicara di internet,” kata Yuri Vdovin, Wakil Presiden Watch Citizens, sebuah organisasi hak asasi manusia yang berbasis di Saint-Petersburg, pada BBC.

Vdovin juga mengatakan, untuk menutup sebuah website, pemerintah hanya tinggal mengatakan bahwa isinya adalah berbahaya bagi anak-anak. “Tapi ada banyak website yang berbahaya di luar sana. Misalnya situs fasis, yang sebenarnya bisa dengan mudah ditutup pemerintah sekarang juga. Tetapi tidak. Pemerintah tidak peduli, tidak ada upaya untuk melakukannya,” tambah Vdovin.

Selain LSM dan pegiat hak asasi manusia, situs-situs seperti, mesin pencarian besar di Rusia, Yandex, media sosial Portal Mail.ru, dan Wikipedia versi bahasa Rusia memprotes peraturan hukum tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: