Legoso.co

Beranda » News » Salah Kutip, BBC Hentikan Sementara Program Unggulannya

Salah Kutip, BBC Hentikan Sementara Program Unggulannya

Myspace Rainbow Text - http://www.myrainbowtext.com

Facebook Legosocom

legoso.co

London-Jaringan berita Inggris BBC terpaksa menunda semua investigasi pada program unggulannya Newsnight setelah seorang politisi salah dikutip dalam Internet sebagai pelaku fedofil.

Jumat larut malam waktu Inggris, BBC terpaksa minta maaf telah menyiarkan tayangan investigatif Newsnight yang berulangkali menyebut seorang tokoh senior Partai Konservatif telah melecehkan seorang remaja yang tinggal di panti asuhan anak pada era 1970-an.

Kendati BBC tidak mengungkapkan nama sang politisi dalam laporan investigatif mingguannya itu, namun nama mantan pejabat Partai Konservatif, Alistair McAlpine telanjur luas disebut-sebut dalam jejaring sosial sebagai orang yang dimaksudkan BBC itu.

Hari Jumat McAlpine mengeluarkan bantahan, lalu beberapa jam kemudian si penuduh, Messham (kini sudah dewasa) yang bekas penghuni panti anak Bryn Estyn di Wales, menyebut McAlpine memang bukan orang yang melecehkannya dan mengaku sebagai korban dari identitas yang keliru itu.

“Tuan Messham malam tadi sudah membuat pernyataan bahwa dia sungguh salah mengidentifikasi pelecehnya dan telah meminta maaf,” kata BBC dalam satu pernyataannya seperti dikutip AFP.

“Kami juga meminta maaf sebesar-besarnya telah menyiarkan laporan itu,” kata BBC lagi.

BBC menambahkan, bahwa Direktur Jendral BBC George Entwistle telah memerintahkan Newsnight untuk mengudarakan pemintaan maaf penuh Jumat lalu dan segera menunda semua penyiaran investigasi Newsnight untuk mengkaji ketahanan dan supervisi editorial.

Menutup edisi Jumat Newsnight, pembawa acara Eddie Mair menyimpulkan suara suram BBC saat itu dengan berkata, “Newsnight akan mengudara lagi Senin. Mungkin.”

Beberapa pekan terakhir BBC menghadapi rangkaian tudingan keras seputar tuduhan bahwa mendiang presenter Jimmy Savile, yang menjadi salah satu bintang BBC, telah melakukan pelecehan seksual kepada sekitar 300 anak dalam kurun 40 tahun.

Newsnight sendiri diserang setelah editornya menangguhkan investigasi oleh program acara itu mengenai dakwan pada Savile Desember lalu.

BBC meluncurkan tiga penyelidikan menyangkut skandal ini, satu mengenai bagaimana Savile keluar dari jeratan tuduhan pelecehan ini, kedua mengapa Newsnight menghentikan investigasinya, dan mengenai tuduhan lebih luas lagi menyangkut kekerasan seksual.

Jaringan penyiaran Inggris ini mengatakan telah menangguhkan semua produksi bersamanya dengan Biro Jurnalisme Invetigatif dengan siapa investigasi kasus Bryn Estyn itu digelar, serta memerintahkan laporan segera mengenai apa yang sebenarnya terjadi. (afp/A-26).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: